Isnin, 31 Mei 2010

Wajah Baby Face petanda Panjang Umur

Mereka yang memiliki wajah baby face atau seperti anak-anak kini punya alasan lain untuk berbangga diri. 

Kajian terbaru di Denmark menyebutkan, mereka yang berwajah imut-imut sebegini rata-ratanya memiliki umur yang panjang. 

Hasil penyelidikan yang dipublikasikan secara online di British Medical Journal ini menyebutkan, wajah kekanak-kanakan merupakan salah satu indikator bahawa seseorang memiliki waktu hidup yang lebih lama. 

Seperti yang dilaporkan oleh Associated Press, pada tahun 2001 ilmuwan Denmark mengadakan sebuah pengujian kognitif dan tes yang melibatkan sekira 1,800 pasangan kembar berusia diatas 70 tahun. 

Selain tes, peneliti juga mengambil foto wajah mereka. Kemudian ada pula tiga kelompok partisipan yang tidak tahu usia para partisipan kembar, diminta untuk meneka berapa usia mereka. Para peneliti lalu mengikuti perkembangan para partisipan kembar itu selama tujuh tahun, untuk mengetahui berapa lama mereka hidup. 

Dari penelitian tersebut diketahui bahawa orang-orang yang wajahnya nampak lebih muda dari umur mereka yang sebenarnya, boleh lebih lama bertahan hidup. Kesimpulan ini didapati setelah melibatkan faktor lainnya seperti jenis kelamin dan lingkungan. 

Semakin besar perbezaan penampilan usia yang ditampakkan pasangan kembar, maka semakin besar kemungkinan pasangan kembar dengan wajah terlihat lebih tua akan berumur pendek. 

Mereka juga menemukan sebuah penjelasan biologis yang cukup masuk akal untuk menjelaskan teori ini. Orang-orang yang nampak lebih muda dari usia sebenarnya cenderung memiliki telomeres yang lebih panjang. 

Telomeres merupakan komponen kunci pada DNA yang berhubungan dengan usia. Sebaliknya, orang-orang dengan telomeres lebih pendek diyakini akan berumur pendek. Peneliti menyebutkan, perkiraan usia, kerap digunakan para doktor sebagai indikator umum kesihatan seorang pesakit. 

Kerana perkiraan usia merupakan biomarker yang sangat baik untuk memprediksi daya tahan hidup seseorang, terutama pesakit berusia di atas 70 tahun. 

Sumber: okezone.com 

Walau apapun dalam benak fikiran anda tentang umur atau azal itu semua adalah kerja tuhan dan hanya Allah swt sahaja yang tahu takdiran hidup kita